Tutorial Blog

Jumat, 20 Januari 2012

Tradisi Gembok Cinta Di Korea Selatan


Jalan-jalan ke Seoul, Korea Selatan, rasanya tak lengkap jika tak mengunjungi salah satu ikonnya yakni Seoul Tower. Selain bisa melihat seluruh Kota Seoul, Anda juga bisa menemukan ribuan kunci cinta yang konon merupakan lambang cinta sepasang kekasih.

Dari ketinggian 236,7 meter, kita bisa melihat keindahan Kota Seoul. Gedung-gedung bertingkat hampir memenuhi seluruh area seluas 605,52 km pesegi ini,.

Seoul memang dikenal sebagai salah satu kota terpadat di dunia. Seoul Tower adalah menara komunikasi yang dibangun di atas Gunung Namsan di pusat Kota Seoul. Sehingga disebut juga dengan Namsan Tower.

Wah! Ada ribuan gembok terkunci dengan berbagai macam tulisan. Jenis gemboknya pun bermacam-macam. Ada yang besar, kecil dengan berbagai tulisan yang berisi tentang harapan dan cita-cita. Ada juga yang memasang menggunakan rantai sepeda. Lucu ya...
Apa sih gembok cinta itu? Kok pakai gembok segala?

Mungkin seperti itulah pertanyaan-pertanyaan orang saat mendengar kata gembok cinta. Gembok cinta adalah gembok biasa yang dipasang di beberapa sudut N Seoul Tower yang telah disediakan. Gembok ini dipercaya sebagai lambang cinta sepasang kekasih.

Menurut Korea Times, tradisi memasang gembok cinta ini dimulai oleh sepasang kekasih yang terinspirasi hal serupa di Menara Tokyo. Selain itu, ada pasangan selebriti di sana yang mengikat janji di tempat ini dengan cara memasang gembok dan kuncinya langsung dilempar jauh dari atas menara. Kejadian ini pernah ditayangkan dalam acara 'We Got Married', sehingga mengundang pasangan kekasih lain berbondong-bondong melakukan hal yang sama. Kemudian hal tersebut dijadikan sebuah tradisi yang bernama love lock atau gembok cinta. so sweeet! Tradisi ini juga diabadikan di film Thailand, 'Hello Stranger'.

Konon katanya jika sudah memasang gembok dengan nama pasangan kita, maka pasangan tersebut akan awet untuk selamanya. Saya sarankan sih kalau ke sini jika sudah bersuami-istri, karena kalau masih pacaran bisa jadi ketika putus, maka gembok itu pun juga harus dibuka, hahaha…

Saat melihatnya langsung, ternyata ada banyak sekali gembok cinta di tempat ini. Jenis gemboknya pun bermacam-macam. Ada yang besar, kecil, gambar hati, borgol, dengan berbagai tulisan yang berisi tentang harapan dan cita-cita. Ada juga yang bahkan sampai menggunakan rantai sepeda. Mungkin biar lebih awet kali ya?

Selain menulis nama, kebanyakan pasangan menuliskan keinginan-keinginan mereka. Sayang, kebanyakan ditulis dalam bahasa Korea, sehingga saya tidak mengerti apa arti tulisan di gembok itu. Hanya beberapa yang ditulis dalam bahasa Inggris yang bisa dimengerti.

Untuk yang tertarik memasang gembok cinta, toko souvenir di tempat ini sudah menyediakannya. Dua pasang gembok dijual dengan harga 8 ribu Won (Rp 64 ribu). Selain membeli, Anda juga bisa mempersiapkannya sendiri, sehingga bisa lebih irit.

Ternyata tradisi memasang gembok di Seoul Tower ini dipopulerkan sejak 1990-an. Banyak pasangan kekasih yang menuliskan nama dan harapannya di gembok setelah itu dikunci, dan terakhir kuncinya dilempar jauh dari atas menara. Nah itu artinya nama yang tertera di gembok kini sudah terkunci selamanya. Tradisi ini dinamakan love lock atau kunci cinta. Wah... Romantis ya!

3 komentar:

  1. Hello! I just wish to give a huge thumbs up for the
    nice info you have got here on this post.

    I shall be coming again to your weblog for extra
    soon.

    my webpage :: 排名優化

    BalasHapus
  2. Hello! I simply wish to give a huge thumbs
    up for the great info you’ve gotten right here on this post.
    I will probably be coming again to your blog for more soon.


    Feel free to visit my web page :: seoul national university bundang hospital address

    BalasHapus
  3. Hello! I simply wish to give an enormous thumbs up for the good info you have here on this post.
    I will be coming back to your weblog for extra soon.


    Also visit my site: how many semesters in high school

    BalasHapus